KAOS DAKWAH : Sablon Pigmen atau Pigment Print juga merupakan salah satu jenis sablon yang sering ditemui di pasaran. Sama dengan Rubber Print, Pigment Print ini juga berbasis air. Pigment Print kadang-kadang disebut juga sebagai Cat Air (Waterbase), bahkan kadang disebut sebagai Fancy Print. Jenis sablon ini lebih sering dipakai di bahan dasar putih, boleh juga di bahan dasar “light color”. Karena sifatnya menyerap ke dalam kain, jenis ini tidak disarankan untuk dasar warna-warna gelap.

Sablon Pigmen, cocok untuk berbagai bahan seperti cotton, wooven, canvas, fleece, polyester, maupun spandex. Jenis sablon ini juga membutuhkan teknik khusus karena proses pengerjaannya sedikit berbeda dengan teknik sablon yang lain. Namun secara keseluruhan, Sablon Pigmen atau Pigment Print ini tergolong paling mudah dan murah. Sangat populer untuk produk-produk lokal. Dan sangat cocok untuk design full print.

Untuk menghemat biaya pengeluaran produksi, kita bisa membuat Cat Pigmen produksi sendiri yang jauh lebih murah dibandingkan jika kita harus membeli Cat Pigmen yang sudah jadi. Bahan-bahannya pun mudah didapat.

Bahan :
1. Air 1 Liter
2. Emulsifers Secukupnya (sekitar 250Gr)
3. Terpentin 1 Liter
4. Binner Secukupnya
5. Pewarna Secukupnya
6. Fixer Secukupnya

Cara Pembuatan Sablon Pigmen :

* Sediakan Air 1 liter didalam ember/tempat yang bisa digunakan untuk mencampur bahan.



Anda sedang mencari KAOS DAKWAH yang berkualitas KAOS DISTRO silakan kunjungi website kami GRIRAH, semoga akan mendapatkan jenis dan kualitas KAOS DAKWAH yang terbaik, terima kasih atas kunjungannya
* Lalu masukan Emulsifers sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk/diputar-putar. Jika sudah mengental dan berwarna putih, Emulsifers nya jangan dimasukkan lagi, menyebabkan campuran jadi terlalu kental.

* Setelah Tercampur rata (Air+Emulsifers), lalu masukkan Terpentin sambil diaduk-aduk lagi. Jika semua bahan Air + Emulsifers + Terpentin sudah tercampur rata maka Pigmen nya sudah siap untuk dipakai.

* Selanjutnya anda bisa mencampur dengan pewarna yang akan digunakan. Campurkan pewarna secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga masukkan BINNER dan Fixer Secukupnya.

* Sebelum mencetak coba sablonkan pada kain/kaos percobaan lebih dulu, jadi Jangan sampai pada saat dicuci sablonan jadi rontok. Jika rontok tambahkan lagi Binner nya, lalu coba kembali sampai sablonan benar-benar tidak rontok pada saat dicuci.

* Jika bahan pigmen nya terlalu encer, anda bisa menambahkan Emulsifers sambil diaduk-aduk. Jika sudah mengental berarti sudah cukup. Sebab bahan pigmen yang encer menyebabkan Hasil Sablonan kurang tajam, apalagi jika akan digunakan untuk mencetak Spanduk maka pigmen nya harus agak kental.

Ingin mengetahui model KAOS DAKWAH yang lagi ngetrend silakan lihat lihat di website GHIRAH

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: