Kucing Chartreux - Chartreux adalah salah satu ras kucing domestik yang berasal dari Prancis. Ras kucing ini sangat mirip dengan kucing bulu pendek britania raya.

Karakteristik Kucing Chartreux

Karakteristik Kucing Chartreux
Karakteristik Kucing Chartreux

 kucing chantilly atau tiffany  kucing california spangled  kucing burmilla  kucing burmese

Chartreux adalah kucing berbadan besar dan berotot dengan bulu yang pendek. Chartreux dikenal sebagai kucing dengan bulu pendek dua lapis yang berwarna biru. Bulunya ini tahan dengan air. Mata chartreux berbentuk oval dan berwarna tembaga. Chartreux wajahnya terlihat seperti tersenyum, karena chartreux memiliki struktur tengkorak dan rahang yang sedikit berbeda.

Mari saya mulai dengan mengatakan bahwa saya adalah penggemar panjat tebing. Saya dapat menskalakan lemari dan tempat tinggi lainnya dengan mudah. Inilah alasan mengapa saya suka memiliki banyak tempat bertengger untuk memanjat ke atas di dalam dan di sekitar rumah. Saya juga menghargai memiliki ambang jendela untuk tidur dan bersantai hampir sepanjang hari.

Meskipun ekspresi wajah saya secara keseluruhan mungkin agak riang, saya memiliki darah pemburu yang terampil mengalir melalui pembuluh darah saya. Mirip dengan sepupu jauh saya di alam liar, saya adalah master dari ledakan kecepatan yang cepat. Jika Anda ingin menyaksikan ini, ambilkan saya mainan – saya akan menguntit dan menerkam lebih cepat daripada yang bisa Anda katakan padanya .

Tapi saya tidak semua kekerasan dan agresi. Saya kucing ramah yang mudah bersosialisasi dengan manusia dan hewan lain. Tidak seperti ras lain yang bisa sedikit pendiam dan pemarah, saya tidak pernah bermusuhan bahkan ketika sedang kasar dan hanya akan memilih untuk pergi daripada menunjukkan agresi. Ini mungkin alasan terbesar mengapa saya begitu populer di kalangan orang tua dengan anak-anak yang lebih kecil dan rumah tangga dengan banyak hewan peliharaan.

Temperamen

Chartreux adalah kucing yang sangat cerdas, tenang, pendiam, aktif, senang bermain, dan mudah dilatih. Chartreux sangat bagus untuk anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Chartreux dikenal sebagai kucing pemburu yang hebat. Chartreux adalah kucing yang senang keluar rumah, tidak agresif, dan kucing yang sehat.

Tampilan Chartreux

Tampilan Chartreux
Tampilan Chartreux

Trah ini memiliki bulu wol berwarna biru dengan panjang sedang dengan lapisan bawah padat yang terasa seperti wol domba. Mantel biru mirip dengan Russian Blue.

Chartreux terkenal karena kepalanya yang berbentuk bulat dengan senyum Mona Lisa dan mata penuh perasaan yang berwarna emas atau tembaga.

Menyikat gigi mingguan adalah suatu keharusan dan meningkat menjadi dua hingga tiga kali seminggu selama musim semi dan musim gugur.

Betina memiliki berat antara 6 dan 9 pon dan jantan rata-rata antara 10 dan 14 pon.

Sifat-sifat

  • Sangat manis dan penuh kasih sayang kepada pemiliknya
  • Refleks yang sangat cepat dan atletis
  • Lapisan atas tahan air
  • Senang bepergian

Sahabat Manusia Ideal

Saya adalah jenis kucing yang berperilaku baik, berbudaya dan halus.

Dengan demikian, pemilik kucing pertama kali tidak menganggap saya terlalu menuntut untuk dirawat dan orang tua dengan anak kecil dan hewan peliharaan lainnya menghargai keramahan dan keanggunan saya. Saya bahkan cocok untuk individu yang tinggal sendiri dan manula yang mencari kucing pendamping.

Saya bergaul dengan hampir semua orang.

Karena itu, ada beberapa must-have yang harus saya klarifikasi. Pertama, saya butuh banyak spot pendakian. Jika seluruh rumah Anda dihiasi dengan perabotan modern yang sangat rendah dan sangat minim – jangan harap saya akan tinggal di dalamnya.

Kedua, saya tidak suka dijemput. Dan akhirnya, saya sangat sensitif dan bisa sedikit pemarah ketika dimarahi. Yang terakhir adalah kekhasan negatif yang saya miliki, tetapi saya pikir Anda harus mengetahuinya.

  • Keluarga dengan anak-anak
  • Lajang dengan hewan peliharaan lain
  • Pemilik kucing pertama kali

Seperti Apa Mereka Hidup

Chartreux yang selalu menyenangkan dan lucu tidak pernah menolak undangan untuk bermain lempar tangkap atau belajar trik seperti anjing.

Kucing berukuran kuat ini adalah raksasa lembut yang berbicara dengan suara lembut untuk berkomunikasi dengan Anda. Beberapa tampak seperti bisu – kecuali dengkuran mereka yang stabil.

Trah ini nyaman di sekitar anak-anak, kucing dan anjing lain. Ini juga kucing yang mentolerir perjalanan dengan baik dan sopan.

Chartreux dikenal karena keterampilan mousenya dan lebih suka bermain dalam waktu singkat dan kemudian tidur siang. Pastinya kucing yang suka mengatur rutinitas sehari-hari.

Trah ini cenderung menyukai semua orang, tetapi terutama terikat dengan satu orang di rumah dan menunjukkan cinta dan pengabdian itu dengan memberi orang itu pantat kepala yang lembut.

Hal yang Harus Anda Ketahui

Chartreux menyambut kasih sayang, tetapi lebih suka menjadi kucing "empat di lantai" (keempat kakinya di tanah) daripada diangkat dan diletakkan di pangkuan Anda.

Kucing ini sangat sensitif dan merespon lebih baik terhadap penguatan positif daripada omelan atau hukuman fisik.

Chartreux secara genetik rentan terhadap keseleo patela dan displasia pinggul.

Sejarah Kucing Chartreux

Sejarah Kucing Chartreux
Sejarah Kucing Chartreux

Beberapa berspekulasi bahwa breed Chartreux berasal dari abad ke-13 sebagai kucing gunung di tempat yang sekarang disebut Suriah. Catatan sejarah menunjukkan bahwa beberapa Tentara Salib membawa kucing-kucing ini kembali ke Prancis dan meninggalkan pertempuran untuk bergabung dengan ordo monastik Carthusian.

Trah ini adalah kucing favorit biksu Carthusian dari Prancis dan mouser yang dikagumi. Beberapa mengklaim bahwa trah ini mendapatkan namanya setelah minuman keras Chartreuse yang terkenal di dunia yang dibuat oleh para biarawan ini.

Trah ini hampir punah antara Perang Dunia I dan II, tetapi peternak Eropa yang setia bekerja sama.

Yang pertama dari breed ini datang ke Amerika Serikat pada tahun 1971. Peternak Amerika telah bekerja keras untuk meningkatkan breed ini dan garis keturunan Chartreux Amerika Utara sekarang dianggap sebagai yang paling murni di dunia.

Saat ini, Chartreux berada di peringkat ke-26 dalam popularitas di antara breed yang terdaftar oleh Cat Fanciers Association, yang memberinya status kejuaraan pada tahun 1987.

Chartreux adalah ras Prancis yang alami dan bersejarah, yang dikenal selama berabad-abad karena tekstur bulunya yang unik dan warna birunya. Referensi untuk kucing biru Prancis muncul dalam literatur pada awal abad ke-16, dan naturalis abad ke-18 yang hebat, Linnaeus dan Buffon, mengidentifikasi Chartreux sebagai salah satu dari empat ras kucing yang dikenal pada masanya.

ChartreuxAsal usul trah ini diselimuti legenda. Ada cerita lama yang indah bahwa kucing Chartreux hidup sebagai sahabat para biarawan Carthusian di Prancis; menurut legenda, kucing-kucing ini pendiam karena mereka bersumpah diam dengan para biarawan! Beberapa berspekulasi bahwa kucing biru berasal dari Suriah, dan dibawa ke biara-biara Prancis oleh para ksatria yang kembali dari Perang Salib.

Namun, tidak ada catatan yang menunjukkan bahwa para biksu pernah memelihara kucing. Penelitian terbaru menunjukkan penjelasan yang lebih membosankan; karena karakter bulunya yang berbulu, kucing biru mungkin memperoleh nama Chartreux dari jenis kucing wol Spanyol yang terkenal di kalangan pedagang pada saat itu. Apapun asal mereka, Chartreux mengadopsi Prancis dengan semua vitalitas dan kecerdasan asli mereka, dan negara mengadopsi breed tersebut.

Pemuliaan silsilah dimulai pada 1920-an, dengan fondasi yang diambil dari koloni alami kucing biru yang menunjukkan tipe yang konsisten. Peternak awal memuji kucing ini karena temperamennya yang ringan dan kesehatannya yang kuat, meskipun kondisi alamnya keras. Karena kelangkaan Chartreux, persilangan sesekali ke breed lain diperlukan, terutama setelah Perang Dunia II ketika banyak breed hampir punah. Selama tahun 1970-an, beberapa pendaftar Eropa menambah kebingungan dengan secara singkat menggabungkan Chartreux dengan British Shorthair biru. Setelah peternak Chartreux memprotes, kedua breed tersebut dipisahkan kembali menurut standar masing-masing.

Chartreux pertama kali diimpor ke Amerika Utara pada tahun 1970 melalui upaya John dan Helen Gamon. Impor asli berasal dari pedesaan Prancis, mewakili garis keturunan Prancis yang paling dihormati yang tersedia pada saat itu. Peternak Amerika Utara selama bertahun-tahun terus bertukar kucing dengan breeder Eropa, berhati-hati untuk menghindari garis yang telah dikacaukan dengan British Shorthair, untuk mempertahankan status alami dan karakteristik unik dari breed ini.

ChartreuxSecara tampilan, Chartreux adalah studi yang kontras, sekaligus kokoh dan elegan.

Kepala lebar dengan dahi berkontur lembut meruncing ke moncong yang menyempit, membuat kucing tampak tersenyum. Telinga berukuran sedang, tinggi dan tegak di kepala, membuat kucing terlihat waspada. Hidungnya lurus dan panjangnya sedang. Mata ekspresif dari Chartreux adalah salah satu fitur yang paling menawan; mereka bulat dan terbuka, tetapi tidak bulat seperti Persia, dengan sudut luar yang sedikit melengkung ke atas. Warna mata berkisar dari emas hingga tembaga, dengan oranye cemerlang yang paling disukai oleh peternak.

Chartreux adalah kucing yang kuat, dengan bahu lebar dan dada yang dalam. Tubuh yang kokoh dan panjang sedang, kadang-kadang digambarkan sebagai “primitif”, kontras dengan kaki yang bertulang relatif halus dan kaki yang tampak hampir mungil dibandingkan dengan massa tubuh. Berotot, luwes dan gesit, dengan refleks yang sangat cepat, Chartreux dipersiapkan dengan baik untuk memenuhi kewajibannya sebagai mouser halus yang terkenal dalam sastra Prancis.

Terakhir tetapi tentu tidak kalah pentingnya, Chartreux dikenal dengan mantel birunya, yang dapat berupa warna biru-abu-abu dari abu paling ringan hingga batu tulis terdalam. Mantelnya berukuran sedang-pendek dan teksturnya sedikit berbulu; ketika sepenuhnya matang, mantel "patah" di leher, dada, dan panggul. Lapisan bawah yang padat memberikan ketahanan terhadap elemen dan perasaan bulu domba. Mantel ganda ini cenderung rontok secara musiman; selama musim rontok, sisir logam dengan jarak yang lebar dapat membantu menghilangkan rambut mati.

Trah yang tumbuh lambat ini dapat memakan waktu tiga hingga empat tahun untuk mencapai kematangan fisik, seringkali dengan tahap kurus antara anak kucing dan dewasa yang membuat orang berpikir tentang anak remaja yang canggung. Kemudian, hampir dalam semalam, mereka menggabungkan semuanya, dengan hasil yang menakjubkan.

Kucing Chartreux pendiam, tenang dan ramah, dan penuh kasih sayang tanpa menuntut. Dikenal karena perilakunya yang seperti anjing, banyak Chartreux senang mengambil mainan, dan mungkin menanggapi nama mereka. Mereka cenderung mengembangkan ritual dan rutinitas dengan pemiliknya, sering mengikuti pemiliknya dari kamar ke kamar. Kucing-kucing yang lembut ini senang diperlakukan dengan baik, dan menghargai kebaikan Anda dengan kasih sayang yang setia.

Anak kucing ChartreuxAnak kucing Chartreux umumnya hanya tersedia dengan reservasi, karena permintaan untuk kucing yang menawan ini melebihi ketersediaan. Harga anak kucing Chartreux mungkin mencerminkan biaya yang terlibat dalam bekerja dengan jenis kucing langka. Peternak di Amerika Serikat berusaha untuk melestarikan keragaman genetik, bertukar kucing dengan peternak lain di seluruh dunia.

Peternak Chartreux di Amerika Utara mengikuti tradisi penamaan Prancis, di mana semua anak kucing yang lahir pada tahun tertentu diberi nama yang dimulai dengan huruf khusus untuk tahun tersebut. Peternak hanya menggunakan 20 huruf, menghilangkan K, Q, W, X, Y dan Z.

Anak kucing biasanya sudah siap untuk pergi ke rumah baru mereka sekitar usia 16 minggu, setelah mereka disosialisasikan dengan baik dan menyelesaikan imunisasi anak kucing mereka. Sebagian besar peternak Chartreux di Amerika Serikat juga mensterilkan atau memandulkan anak kucing peliharaan sebelum ditempatkan. Anak kucing Chartreux sangat ingin bermain dan berinteraksi dengan teman manusia mereka, dan dengan cepat menjadi terikat dengan keluarga mereka.

Chartreux umumnya adalah jenis kucing yang sehat. Pastikan untuk menyimpan harta langka ini dengan aman di dalam ruangan, memandulkan atau mensterilkan, dan menyediakan permukaan yang dapat diterima (seperti pohon kucing dan tiang garukan) untuk perilaku menggaruk yang alami (CFA tidak menyetujui operasi declawing atau tendonektomi). Dengan perawatan yang tepat, Chartreux Anda dapat mengharapkan kehidupan yang panjang dan menyenangkan.

Penampilanku

Sebagai permulaan, saya memamerkan tubuh kekar yang mengecil ke kaki yang terlihat kurus dengan cakar bundar. Inilah alasan para pecinta kucing menjuluki saya "kentang di tusuk gigi". Namun, jangan biarkan penampilan saya menipu Anda. Saya kucing yang sangat lincah dengan kemampuan untuk bergerak dalam sekejap.

Kepala saya cukup bulat dengan rahang yang kuat dan pipi saya yang penuh dibingkai dalam kemiringan ke atas, membuat saya terlihat seperti memiliki senyum setengah abadi di wajah saya. Saya juga memakai hidung lurus dan moncong kecil yang membuat saya terlihat agak halus.

Saya memiliki mata bulat dengan warna mencolok seperti emas, tembaga, dan jingga. Saya pernah mendengar bahwa peternak Chartreux yang berdedikasi lebih memilih nada tembaga atau oranye yang dalam untuk benar-benar memukau penonton selama pertunjukan.

Pendapat pribadi saya adalah bahwa semua warna mata saya terlihat agak mempesona pada saya.

Mantel saya pendek hingga sedang dan memiliki tekstur seperti wol. Selain memiliki perasaan nyaman ketika teman manusia saya menjalankan jari mereka melaluinya, itu juga memiliki daya tarik visual yang mencolok. Muncul dalam warna biru, abu-abu dan perak yang berbeda, dengan mantel atas yang panjang dan lapisan bawah yang cukup tahan terhadap sentuhan.

Salah satu fitur luar biasa tentang mantel saya adalah kemampuannya untuk menolak air karena panjang dan ketebalannya.

Info kucing Chartreux

Sekarang sementara saya adalah kucing yang tidak akan pernah menghindar dari perhatian dan suka dibelai, saya tidak suka digendong. Jika Anda ingin menunjukkan kepada saya beberapa cinta, beri saya gosok perut atau tepukan lembut di kepala. Hanya saja, jangan mencoba mengangkat saya, saya lebih suka meletakkan semua kaki saya di lantai.

Dibandingkan dengan beberapa kucing usil – saya melihat Anda, Donskoy – saya menghargai privasi dan saya akan menghormati batasan Anda. Ini berarti tidak mengikuti Anda di sekitar rumah atau perilaku seperti penguntit lainnya.

Saya, tentu saja, memperhatikan Anda dan apa pun yang Anda lakukan di sekitar rumah, tetapi saya lebih cenderung memberi Anda penghargaan dan bersiap-siap daripada mengganggu bisnis Anda.

Dan pada nada ini, saya harus menyebutkan bahwa saya tidak punya masalah sendirian. Kesendirian cocok untukku. Selama saya memiliki beberapa mainan yang menyenangkan untuk dimainkan dan tempat yang bagus untuk bertengger, saya adalah seorang kemping yang bahagia.

Oh, dan bonus tambahan? Saya seorang yang sangat baik – serius, papan atas – mouser. Jika Anda mendapat masalah, beri tahu saya dan saya akan menyelesaikannya. Itulah gunanya teman, kan

Asal Kucing Chartreux

Asal Kucing Chartreux

Beberapa ahli genetika berteori bahwa nenek moyang saya dimulai sebagai kucing gunung di Suriah Kuno pada abad ke-13. Menurut catatan sejarah, beberapa dari mereka dibawa kembali ke Prancis oleh Tentara Salib yang memutuskan untuk meninggalkan cara berperang mereka dan menjadi anggota ordo monastik Carthusian.

Karena kemampuan tikus yang luar biasa dari nenek moyang saya, para biarawan Carthusian membiakkan mereka untuk menjaga biara-biara bebas dari hama yang tidak diinginkan. Beberapa teks tradisional di abad ke-18 bahkan menekankan bahwa nama "Chartreux" mungkin didasarkan dari minuman keras Chartreuse yang terkenal diseduh oleh para biarawan.

Nenek moyang saya mulai bertambah jumlahnya sekitar abad ke-20 dan segera, tidak jarang melihat koloni alami kucing Chartreux di dalam dan sekitar Paris. Dan tidak lama kemudian orang-orang yang giat menangkap kami untuk dijual sebagai tukang tikus di rumah-rumah dan pabrik-pabrik. Atau lebih kejamnya, memburu kami untuk mendapatkan bulu kami yang luar biasa.

Ras kucing Chartreux

Dan kemudian Perang Dunia I dan II terjadi, memusnahkan populasi Chartreux, kecuali beberapa spesimen yang berhasil masuk ke tempat perlindungan bom. Jika bukan karena upaya para pecinta kucing Eropa yang berdedikasi, ras saya akan benar-benar hilang hari ini. Nenek moyang saya harus dipasangkan dengan Persia, Russian Blues dan British Shorthairs hanya untuk menjaga garis keturunan kami tetap aktif.

Yang pertama dari kami tiba di Amerika Serikat pada tahun 1971 dan langsung populer di kalangan peternak yang berdedikasi. Yang paling menonjol adalah John dan Helen Gamon, yang bekerja sangat keras untuk membuat ras kami berkembang di AS. 'Meskipun kami awalnya keturunan Perancis, garis keturunan Chartreux Amerika Utara dikenal sebagai salah satu garis keturunan paling murni dari Chartreux hari ini berkat upaya dari para peternak yang berdedikasi ini. Terima kasih, teman-teman.

Trah saya secara resmi diberi status kejuaraan oleh Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1987.

Bagaimana Membuat Saya Tetap Sehat dan Bahagia
Secara keseluruhan, saya adalah jenis kucing yang kuat yang hampir tidak memerlukan persyaratan khusus untuk tetap sehat dan bahagia. Namun, saya rentan terhadap kondisi medis tertentu yang disebut keseleo patela medial.

Jangan khawatir – ini tidak seserius kedengarannya. Hanya tipuan lutut. Saya tidak percaya saya mengatakan ini, tetapi saya perlu pemeriksaan sesekali oleh dokter hewan setempat untuk memastikan itu tidak menghambat gaya hidup saya.

Fakta menyenangkan Kucing Chartreux

  • Trah saya memiliki sejarah panjang dan terkenal dalam berkenalan dengan creme de la creme masyarakat Prancis. Bangsawan Prancis dan anggota elit memuja kami. Saya tidak suka menyebutkan nama drop, tetapi satu orang terkenal yang tinggal bersama kami adalah penulis terkemuka, Colette. Dia menulis La Chatte dan Cheri .
  • Trah saya tidak hanya hidup dengan penulis berbakat, kami bahkan ditampilkan dalam sastra. Ya, Chartreux adalah salah satu dari empat ras kucing yang dijelaskan secara rinci oleh Comte de Buffon dalam Histoire Naturalle , yang diterbitkan pada abad ke- 16 .
  • Sekarang, Anda mungkin ingin mengenal saya. Bahkan mungkin mengantarku pulang. Jadi saya benci mengatakan ini kepada Anda, tetapi sebenarnya saya cukup sulit didapat. Trah saya masih cukup langka di dalam dan di sekitar AS, jadi rencanakan untuk menunggu beberapa bulan jika Anda berencana untuk mendapatkan anak kucing Chartreux. Dan jika Anda menginginkan anak kucing Chartreux dari garis juara…yah, Anda sebaiknya bersabar – ini bisa memakan waktu satu atau dua tahun.

SUMBER : Wikipedia, Google

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: